Logo
Open Data Keuangan Desa
Kab. Wonosobo
Sistem Informasi Keuangan
Dashboard
📄 RPJMDes 📋 RKPDes
💰 APBDes 📝 APBDes Perubahan
📊 Laporan Realisasi
📊 Keuangan Desa
Login

Open Data Keuangan Desa

📝 APBDes Perubahan - Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa

Tahun Anggaran 2025

PEMERINTAH KABUPATEN WONOSOBO

KECAMATAN KECAMATAN GARUNG

DESA PEMERINTAH DESA JENGKOL

PERUBAHAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DESA

TAHUN ANGGARAN 2025

4. PENDAPATAN

Kode Rekening Uraian Anggaran Awal Anggaran Setelah Perubahan Bertambah/(Berkurang)
4.1.4.90. Lain-Lain Pendapatan Asli Desa 4.000.000 4.000.000 0
4.2.1.01. Dana Desa 1.002.098.000 1.002.098.000 0
4.2.2.01. Bagi Hasil Pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten/Kota 66.896.000 66.896.000 0
4.2.3.01. Alokasi Dana Desa 448.671.000 448.671.000 0
4.2.4.01. Bantuan Keuangan dari APBD Provinsi 400.000.000 880.000.000 480.000.000
4.2.5.01. Bantuan Keuangan dari APBD Kabupaten/Kota 0 150.000.000 150.000.000
4.3.5.01. Pengembalian Belanja Tahun-tahun Sebelumnya 0 0 0
4.3.6.01. Bunga Bank 7.130.000 7.130.000 0
JUMLAH PENDAPATAN 1.928.795.000 2.558.795.000 630.000.000

5. BELANJA

Kode Rekening Uraian Anggaran Awal Anggaran Setelah Perubahan Bertambah/(Berkurang)
01 BIDANG PENYELENGGARAN PEMERINTAHAN DESA 599.387.000 613.280.562 13.893.562
01.01 Penyelenggaran Belanja Siltap, Tunjangan dan Operasional Pemerintahan Desa 478.126.000 492.019.562 13.893.562
01.01.01 Penyediaan Penghasilan Tetap dan Tunjangan Kepala Desa 58.200.000 58.200.000 0
5.1.1.01. [01.01.01] Penghasilan Tetap Kepala Desa 52.200.000 52.200.000 0
5.1.1.02. [01.01.01] Tunjangan Kepala Desa 6.000.000 6.000.000 0
01.01.02 Penyediaan Penghasilan Tetap dan Tunjangan Perangkat Desa 236.075.000 236.075.000 0
5.1.2.01. [01.01.02] Penghasilan Tetap Perangkat Desa 217.075.000 217.075.000 0
5.1.2.02. [01.01.02] Tunjangan Perangkat Desa 19.000.000 19.000.000 0
01.01.03 Penyediaan Jaminan Sosial bagi Kepala Desa dan Perangkat Desa 18.869.520 18.869.520 0
5.1.3.03. [01.01.03] Jaminan Ketenagakerjaan Kepala Desa 3.631.680 3.631.680 0
5.1.3.04. [01.01.03] Jaminan Ketenagakerjaan Perangkat Desa 15.237.840 15.237.840 0
01.01.04 Penyediaan Operasional Pemerintah Desa (ATK, Honor PKPKD dan PPKD dll) 67.917.280 81.810.842 13.893.562
5.2.1.01. [01.01.04] Belanja Alat Tulis Kantor dan Benda Pos 6.307.280 6.307.280 0
5.2.1.06. [01.01.04] Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum) 3.000.000 3.000.000 0
5.2.1.09. [01.01.04] Belanja Pakaian Dinas/Seragam/Atribut 0 7.000.000 7.000.000
5.2.2.03. [01.01.04] Belanja Jasa Honorarium/Insentif Pelayanan Desa 18.000.000 18.000.000 0
5.2.2.06. [01.01.04] Belanja Jasa Honorarium PKPKD dan PPKD 26.400.000 26.400.000 0
5.2.5.01. [01.01.04] Belanja Jasa Langganan Listrik 2.400.000 2.400.000 0
5.2.5.02. [01.01.04] Belanja Jasa Langganan Air Bersih 660.000 660.000 0
5.2.5.03. [01.01.04] Belanja Jasa Langganan Majalah/Surat Kabar 1.020.000 1.020.000 0
5.2.5.05. [01.01.04] Belanja Jasa Langganan Internet 4.200.000 4.200.000 0
5.2.5.07. [01.01.04] Belanja Jasa Perpanjangan Ijin/Pajak 100.000 100.000 0
5.2.5.99. [01.01.04] Belanja Operasional Perkantoran lainnya 300.000 300.000 0
5.2.5.99. [01.01.04] Belanja Operasional Perkantoran lainnya 30.000 30.000 0
5.2.6.01. [01.01.04] Belanja Pemeliharaan Mesin dan Peralatan Berat 0 6.893.562 6.893.562
5.2.6.02. [01.01.04] Belanja Pemeliharaan Kendaraan Bermotor 2.000.000 2.000.000 0
5.2.6.03. [01.01.04] Belanja Pemeliharaan Peralatan 2.000.000 2.000.000 0
5.2.6.08. [01.01.04] Belanja Pemeliharaan Jaringan dan Instalasi (Listrik, telepon, internet, komunikasi dll) 1.500.000 1.500.000 0
01.01.05 Penyediaan Tunjangan BPD 23.400.000 23.400.000 0
5.1.4.01. [01.01.05] Tunjangan Kedudukan BPD 23.400.000 23.400.000 0
01.01.06 Penyediaan Operasional BPD (rapat, ATK, Makan Minum, Pakaian Seragam, Listrik dll) 3.300.000 3.300.000 0
5.2.1.06. [01.01.06] Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum) 1.800.000 1.800.000 0
5.2.1.09. [01.01.06] Belanja Pakaian Dinas/Seragam/Atribut 1.500.000 1.500.000 0
01.01.07 Penyediaan Insentif/Operasional RT/RW 26.840.000 26.840.000 0
5.2.1.06. [01.01.07] Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum) 8.000.000 8.000.000 0
5.2.2.05. [01.01.07] Belanja Jasa Honorarium Petugas 18.840.000 18.840.000 0
01.01.08 Penyediaan Operasional Pemerintah Desa yang bersumber dari Dana Desa 30.000.000 30.000.000 0
5.2.1.99. [01.01.08] Belanja Barang Perlengkapan Lainnya 5.000.000 5.000.000 0
5.2.7.01. [01.01.08] Belanja Bahan Perlengkapan untuk Diserahkan kepada Masyarakat 15.000.000 15.000.000 0
5.2.7.01. [01.01.08] Belanja Bahan Perlengkapan untuk Diserahkan kepada Masyarakat 10.000.000 10.000.000 0
01.01.90 Penyediaan Jaminan Sosial Selain Kepala Desa dan Perangkat Desa 949.200 949.200 0
5.1.3.04. [01.01.90] Jaminan Ketenagakerjaan Perangkat Desa 949.200 949.200 0
01.01.91 Penyediaan Tambahan Tunjangan Kepala Desa dan Perangkat Desa 12.575.000 12.575.000 0
5.1.1.02. [01.01.91] Tunjangan Kepala Desa 1.700.000 1.700.000 0
5.1.2.02. [01.01.91] Tunjangan Perangkat Desa 8.500.000 8.500.000 0
5.1.2.99. [01.01.91] Penerimaan Lain-lain Perangkat Desa yang Sah 2.375.000 2.375.000 0
01.02 Penyediaan Sarana Prasarana Pemerintahan Desa 42.000.000 42.000.000 0
01.02.01 Penyediaan Sarana (Aset Tetap) Perkantoran/Pemerintahan 42.000.000 42.000.000 0
5.3.4.01. [01.02.01] Belanja Modal Gedung, Bangunan, Taman - Honor Pelaksana Kegiatan 42.000.000 42.000.000 0
01.03 Pengelolaan Administrasi Kependudukan, Pencatatan Sipil, Statistik dan Kearsipan 49.388.000 49.388.000 0
01.03.02 Penyusunan, Pendataan, dan Pemutakhiran Profil Desa **) 46.988.000 46.988.000 0
5.2.1.01. [01.03.02] Belanja Alat Tulis Kantor dan Benda Pos 3.488.000 3.488.000 0
5.2.2.05. [01.03.02] Belanja Jasa Honorarium Petugas 7.500.000 7.500.000 0
5.3.2.03. [01.03.02] Belanja Modal Peralatan Komputer 36.000.000 36.000.000 0
01.03.05 Pemetaan dan Analisis Kemiskinan Desa secara Partisipatif 2.400.000 2.400.000 0
5.2.2.05. [01.03.05] Belanja Jasa Honorarium Petugas 2.400.000 2.400.000 0
01.04 Penyelenggaraan Tata Praja Pemerintahan, Perencanaan, Keuangan dan Pelaporan 29.873.000 29.873.000 0
01.04.01 Penyelenggaraan Musyawarah Perencanaan Desa/Pembahasan APBDes (Reguler) 4.000.000 4.000.000 0
5.2.1.06. [01.04.01] Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum) 4.000.000 4.000.000 0
01.04.03 Penyusunan Dokumen Perencanaan Desa (RPJMDesa/RKPDesa dll) 2.000.000 2.000.000 0
5.2.1.06. [01.04.03] Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum) 2.000.000 2.000.000 0
01.04.04 Penyusunan Dokumen Keuangan Desa (APBDes, APBDes Perubahan, LPJ dll) 3.000.000 3.000.000 0
5.2.1.99. [01.04.04] Belanja Barang Perlengkapan Lainnya 3.000.000 3.000.000 0
01.04.10 Dukungan & Sosialisasi Pelaksanaan Pilkades, Pemilihan Ka. Kewilayahan & BPD 20.873.000 20.873.000 0
5.2.7.01. [01.04.10] Belanja Bahan Perlengkapan untuk Diserahkan kepada Masyarakat 20.873.000 20.873.000 0
02 BIDANG PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DESA 1.124.550.000 1.609.550.000 485.000.000
02.01 Sub Bidang Pendidikan 113.400.000 113.400.000 0
02.01.01 Penyelenggaraan PAUD/TK/TPA/TKA/TPQ/Madrasah Non-Formal Milik Desa (Honor, Pakaian dll) 49.200.000 49.200.000 0
5.2.2.04. [02.01.01] Belanja Jasa Honorarium Tenaga Ahli/Profesi/Konsultan/Narasumber 49.200.000 49.200.000 0
02.01.02 Dukungan Penyelenggaraan PAUD (APE, Sarana PAUD dst) 12.000.000 12.000.000 0
5.2.7.99. [02.01.02] Belanja Barang untuk Diserahkan kepada Masyarakat Lainnya 12.000.000 12.000.000 0
02.01.04 Pemeliharaan Sarana Prasarana Perpustakaan/Taman Bacaan/Sanggar Belajar Milik Desa 12.200.000 12.200.000 0
5.2.7.01. [02.01.04] Belanja Bahan Perlengkapan untuk Diserahkan kepada Masyarakat 12.200.000 12.200.000 0
02.01.10 Dukungan Pendidikan bagi Siswa Miskin/Berprestasi 40.000.000 40.000.000 0
5.2.1.99. [02.01.10] Belanja Barang Perlengkapan Lainnya 40.000.000 40.000.000 0
02.02 Sub Bidang Kesehatan 101.150.000 101.150.000 0
02.02.02 Penyelenggaraan Posyandu (Makanan Tambahan, Kelas Bumil, Lansia, Insentif) 85.500.000 85.500.000 0
5.2.1.06. [02.02.02] Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum) 54.000.000 54.000.000 0
5.2.2.05. [02.02.02] Belanja Jasa Honorarium Petugas 31.500.000 31.500.000 0
02.02.04 Penyelenggaraan Desa Siaga Kesehatan 13.250.000 13.250.000 0
5.2.1.06. [02.02.04] Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum) 11.400.000 11.400.000 0
5.2.1.99. [02.02.04] Belanja Barang Perlengkapan Lainnya 1.850.000 1.850.000 0
02.02.92 Pencegahan dan Penurunan Stunting 2.400.000 2.400.000 0
5.2.2.05. [02.02.92] Belanja Jasa Honorarium Petugas 2.400.000 2.400.000 0
02.03 Sub Bidang Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang 640.000.000 705.000.000 65.000.000
02.03.06 Pemeliharaan Gedung/Prasarana Balai Desa/Balai Kemasyarakatan 80.000.000 55.000.000 -25.000.000
5.3.4.03. [02.03.06] Belanja Modal Gedung, Bangunan, Taman - Bahan Baku/Material 80.000.000 55.000.000 -25.000.000
02.03.10 Pembangunan/Rehabilitas/Peningkatan/Pengerasan Jalan Desa **) 200.000.000 200.000.000 0
5.3.5.03. [02.03.10] Belanja Modal Jalan - Bahan Baku/Material 200.000.000 200.000.000 0
02.03.11 Pembangunan/Rehabilitasi/Peningkatan/Pengerasan Jalan Lingkungan Permukiman **) 60.000.000 150.000.000 90.000.000
5.3.5.03. [02.03.11] Belanja Modal Jalan - Bahan Baku/Material 60.000.000 0 -60.000.000
5.3.5.03. [02.03.11] Belanja Modal Jalan - Bahan Baku/Material 0 150.000.000 150.000.000
02.03.12 Pembangunan/Rehabilitasi/Peningkatan/Pengerasan Jalan Usaha Tani **) 100.000.000 100.000.000 0
5.3.5.03. [02.03.12] Belanja Modal Jalan - Bahan Baku/Material 100.000.000 100.000.000 0
02.03.14 Pembangunan/Rehabilitasi/Peningkatan Prasarana Jalan Desa (Gorong, selokan dll) 200.000.000 200.000.000 0
5.3.5.03. [02.03.14] Belanja Modal Jalan - Bahan Baku/Material 200.000.000 200.000.000 0
02.04 Sub Bidang Kawasan Pemukiman 270.000.000 690.000.000 420.000.000
02.04.01 Dukungan Pelaksanaan Program Pembangunan/Rehab Rumah Tidak Layak Huni GAKIN 70.000.000 550.000.000 480.000.000
5.2.7.03. [02.04.01] Belanja Bantuan Bangunan untuk Diserahkan kepada Masyarakat 70.000.000 70.000.000 0
5.2.7.03. [02.04.01] Belanja Bantuan Bangunan untuk Diserahkan kepada Masyarakat 0 480.000.000 480.000.000
02.04.14 Pembangunan/Rehabilitasi/Peningkatan Fasilitas Jamban Umum/MCK umum, dll **) 40.000.000 40.000.000 0
5.2.7.03. [02.04.14] Belanja Bantuan Bangunan untuk Diserahkan kepada Masyarakat 40.000.000 40.000.000 0
02.04.16 Pembangunan/Rehabilitasi/Peningkatan Sistem Pembuangan Air Limbah **) 160.000.000 100.000.000 -60.000.000
5.3.7.03. [02.04.16] Belanja Modal Irigasi/Embung/Drainase/dll - Bahan Baku/Material 160.000.000 100.000.000 -60.000.000
03 BIDANG PEMBINAAN KEMASYARAKATAN 59.000.000 59.000.000 0
03.01 Sub Bidang Ketenteraman, Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat 9.000.000 9.000.000 0
03.01.04 Persiapan Kesiapsiagaan/Tanggap Bencana Skala Lokal Desa 4.000.000 4.000.000 0
5.2.7.99. [03.01.04] Belanja Barang untuk Diserahkan kepada Masyarakat Lainnya 4.000.000 4.000.000 0
03.01.05 Penyediaan Pos Kesiapsiagaan Bencana Skala Lokal Desa 5.000.000 5.000.000 0
5.2.7.01. [03.01.05] Belanja Bahan Perlengkapan untuk Diserahkan kepada Masyarakat 5.000.000 5.000.000 0
03.02 Sub Bidang Kebudayaan dan Keagamaan 35.000.000 35.000.000 0
03.02.02 Pengiriman Kontingen Group Kesenian & Kebudayaan (Wakil Desa tkt. Kec/Kab/Kot) 15.000.000 15.000.000 0
5.2.7.99. [03.02.02] Belanja Barang untuk Diserahkan kepada Masyarakat Lainnya 15.000.000 15.000.000 0
03.02.03 Penyelenggaraan Festival Kesenian, Adat/Kebudayaan, dan Keagamaan (HUT RI, Raya Keagamaan dll) 17.000.000 17.000.000 0
5.2.1.07. [03.02.03] Belanja Bahan Material 5.000.000 5.000.000 0
5.2.1.08. [03.02.03] Belanja Bendera/Umbul-umbul/Spanduk 12.000.000 12.000.000 0
03.02.90 Fasilitasi Hari Jadi Kabupaten Wonosobo 3.000.000 3.000.000 0
5.2.1.99. [03.02.90] Belanja Barang Perlengkapan Lainnya 3.000.000 3.000.000 0
03.03 Sub Bidang Kepemudaan dan Olahraga 15.000.000 15.000.000 0
03.03.06 Pembinaan Karang Taruna/Klub Kepemudaan/Olahraga Tingkat Desa 15.000.000 15.000.000 0
5.2.7.99. [03.03.06] Belanja Barang untuk Diserahkan kepada Masyarakat Lainnya 15.000.000 15.000.000 0
04 BIDANG PEMBERDAYAAN MASYARAKAT 255.588.562 181.695.000 -73.893.562
04.02 Sub Bidang Pertanian dan Peternakan 160.000.000 100.000.000 -60.000.000
04.02.06 Pembangunan/Rehabilitasi/Peningkatan Saluran Irigasi Tersier/Sederhana 160.000.000 100.000.000 -60.000.000
5.3.7.03. [04.02.06] Belanja Modal Irigasi/Embung/Drainase/dll - Bahan Baku/Material 160.000.000 100.000.000 -60.000.000
04.03 Sub Bidang Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa 13.893.562 6.650.000 -7.243.562
04.03.01 Peningkatan Kapasitas Kepala Desa 1.893.562 -1.893.562
5.2.5.99. [04.03.01] Belanja Operasional Perkantoran lainnya 1.893.562 0 -1.893.562
04.03.02 Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa 12.000.000 -12.000.000
5.2.5.99. [04.03.02] Belanja Operasional Perkantoran lainnya 12.000.000 0 -12.000.000
04.03.03 Peningkatan Kapasitas BPD 6.650.000 6.650.000
5.2.7.99. [04.03.03] Belanja Barang untuk Diserahkan kepada Masyarakat Lainnya 0 6.650.000 6.650.000
04.04 Sub Bidang Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga 69.870.000 69.870.000 0
04.04.01 Pelatihan dan Penyuluhan Pemberdayaan Perempuan 61.270.000 61.270.000 0
5.2.1.01. [04.04.01] Belanja Alat Tulis Kantor dan Benda Pos 2.000.000 2.000.000 0
5.2.1.06. [04.04.01] Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum) 37.620.000 37.620.000 0
5.2.2.05. [04.04.01] Belanja Jasa Honorarium Petugas 21.650.000 21.650.000 0
04.04.02 Pelatihan dan Penyuluhan Perlindungan Anak 8.600.000 8.600.000 0
5.2.1.06. [04.04.02] Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum) 8.600.000 8.600.000 0
04.05 Sub Bidang Koperasi, Usaha Micro Kecil dan Menengah (UMKM) 11.825.000 5.175.000 -6.650.000
04.05.90 Pelatihan/Penguatan Kapasitas Masyarakat/Kelompkm UMKM 11.825.000 5.175.000 -6.650.000
5.2.1.99. [04.05.90] Belanja Barang Perlengkapan Lainnya 11.825.000 5.175.000 -6.650.000
05 BIDANG PENANGGULANGAN BENCANA, DARURAT DAN MENDESAK DESA 35.200.000 35.200.000 0
05.01 Sub Bidang Penanggulangan Bencana 10.000.000 10.000.000 0
05.01.00 Kegiatan Penanggulangan Bencana 10.000.000 10.000.000 0
5.4.1.01. [05.01.00] Belanja Tidak Terduga 10.000.000 10.000.000 0
05.03 Sub Bidang Keadaan Mendesak 25.200.000 25.200.000 0
05.03.00 Penanganan Keadaan Mendesak 25.200.000 25.200.000 0
5.4.1.01. [05.03.00] Belanja Tidak Terduga 25.200.000 25.200.000 0
JUMLAH BELANJA 2.073.725.562 2.498.725.562 425.000.000

6. PEMBIAYAAN

Kode Rekening Uraian Anggaran Awal Anggaran Setelah Perubahan Bertambah/(Berkurang)
6.1 PENERIMAAN PEMBIAYAAN
6.1.1.01. SILPA Tahun Sebelumnya 1.750.000 1.750.000 0
6.1.1.01. SILPA Tahun Sebelumnya 102.735.000 102.735.000 0
6.1.1.01. SILPA Tahun Sebelumnya 6.893.562 6.893.562 0
6.1.1.01. SILPA Tahun Sebelumnya 33.552.000 33.552.000 0
6.2 PENGELUARAN PEMBIAYAAN
6.2.2.01. Penyertaan Modal Desa 0 205.000.000 205.000.000
JUMLAH PENERIMAAN PEMBIAYAAN 144.930.562 144.930.562 0
JUMLAH PENGELUARAN PEMBIAYAAN 0 205.000.000 205.000.000
JUMLAH PEMBIAYAAN NETTO 144.930.562 -60.069.438 -205.000.000
SURPLUS/(DEFISIT) -144.930.562 60.069.438 205.000.000
SISA LEBIH PEMBIAYAAN ANGGARAN 0 0 0

Anggaran Awal

Pendapatan: Rp 1.928.795.000

Belanja: Rp 2.073.725.562

Surplus/(Defisit): Rp -144.930.562

Anggaran Setelah Perubahan

Pendapatan: Rp 2.558.795.000

Belanja: Rp 2.498.725.562

Surplus/(Defisit): Rp 60.069.438

Perubahan

Pendapatan: Rp 630.000.000

Belanja: Rp 425.000.000

Pembiayaan: Rp 205.000.000

© 2025 Open Data Keuangan Desa Kabupaten Wonosobo