Logo
Open Data Keuangan Desa
Kab. Wonosobo
Sistem Informasi Keuangan
Dashboard
📄 RPJMDes 📋 RKPDes
💰 APBDes 📝 APBDes Perubahan
📊 Laporan Realisasi
📊 Keuangan Desa
Login

Open Data Keuangan Desa

📝 APBDes Perubahan - Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa

Tahun Anggaran 2025

PEMERINTAH KABUPATEN WONOSOBO

KECAMATAN KECAMATAN SUKOHARJO

DESA PEMERINTAH DESA GARUNGLOR

PERUBAHAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DESA

TAHUN ANGGARAN 2025

4. PENDAPATAN

Kode Rekening Uraian Anggaran Awal Anggaran Setelah Perubahan Bertambah/(Berkurang)
4.2.1.01. Dana Desa 888.486.000 888.486.000 0
4.2.2.01. Bagi Hasil Pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten/Kota 56.688.000 56.688.000 0
4.2.3.01. Alokasi Dana Desa 403.627.000 403.627.000 0
4.2.4.01. Bantuan Keuangan dari APBD Provinsi 120.000.000 120.000.000 0
4.3.5.01. Pengembalian Belanja Tahun-tahun Sebelumnya 0 0 0
4.3.6.01. Bunga Bank 1.030.000 1.030.000 0
JUMLAH PENDAPATAN 1.469.831.000 1.469.831.000 0

5. BELANJA

Kode Rekening Uraian Anggaran Awal Anggaran Setelah Perubahan Bertambah/(Berkurang)
01 BIDANG PENYELENGGARAN PEMERINTAHAN DESA 525.738.954 525.738.954 0
01.01 Penyelenggaran Belanja Siltap, Tunjangan dan Operasional Pemerintahan Desa 418.768.442 418.768.442 0
01.01.01 Penyediaan Penghasilan Tetap dan Tunjangan Kepala Desa 58.200.000 58.200.000 0
5.1.1.01. [01.01.01] Penghasilan Tetap Kepala Desa 52.200.000 52.200.000 0
5.1.1.02. [01.01.01] Tunjangan Kepala Desa 6.000.000 6.000.000 0
01.01.02 Penyediaan Penghasilan Tetap dan Tunjangan Perangkat Desa 246.000.000 246.000.000 0
5.1.2.01. [01.01.02] Penghasilan Tetap Perangkat Desa 205.200.000 205.200.000 0
5.1.2.02. [01.01.02] Tunjangan Perangkat Desa 18.000.000 18.000.000 0
5.1.2.02. [01.01.02] Tunjangan Perangkat Desa 22.800.000 22.800.000 0
01.01.03 Penyediaan Jaminan Sosial bagi Kepala Desa dan Perangkat Desa 17.559.360 17.559.360 0
5.1.3.03. [01.01.03] Jaminan Ketenagakerjaan Kepala Desa 3.631.680 3.631.680 0
5.1.3.04. [01.01.03] Jaminan Ketenagakerjaan Perangkat Desa 13.927.680 13.927.680 0
01.01.04 Penyediaan Operasional Pemerintah Desa (ATK, Honor PKPKD dan PPKD dll) 28.567.882 28.567.882 0
5.1.2.99. [01.01.04] Penerimaan Lain-lain Perangkat Desa yang Sah 16.800.000 16.800.000 0
5.2.1.01. [01.01.04] Belanja Alat Tulis Kantor dan Benda Pos 8.107.882 8.107.882 0
5.2.1.01. [01.01.04] Belanja Alat Tulis Kantor dan Benda Pos 800.000 800.000 0
5.2.1.05. [01.01.04] Belanja Barang Cetak dan Penggandaan 2.000.000 2.000.000 0
5.2.5.01. [01.01.04] Belanja Jasa Langganan Listrik 510.000 510.000 0
5.2.5.02. [01.01.04] Belanja Jasa Langganan Air Bersih 120.000 120.000 0
5.2.5.07. [01.01.04] Belanja Jasa Perpanjangan Ijin/Pajak 200.000 200.000 0
5.2.5.99. [01.01.04] Belanja Operasional Perkantoran lainnya 30.000 30.000 0
01.01.05 Penyediaan Tunjangan BPD 18.600.000 18.600.000 0
5.1.4.02. [01.01.05] Tunjangan Kinerja BPD 18.600.000 18.600.000 0
01.01.06 Penyediaan Operasional BPD (rapat, ATK, Makan Minum, Pakaian Seragam, Listrik dll) 1.000.000 1.000.000 0
5.2.1.01. [01.01.06] Belanja Alat Tulis Kantor dan Benda Pos 500.000 500.000 0
5.2.3.01. [01.01.06] Belanja Perjalanan Dinas Dalam Kabupaten/Kota 500.000 500.000 0
01.01.07 Penyediaan Insentif/Operasional RT/RW 18.960.000 18.960.000 0
5.2.5.08. [01.01.07] Belanja Insentif/Operasional RT/RW 12.480.000 12.480.000 0
5.2.5.08. [01.01.07] Belanja Insentif/Operasional RT/RW 6.480.000 6.480.000 0
01.01.08 Penyediaan Operasional Pemerintah Desa yang bersumber dari Dana Desa 26.898.000 26.898.000 0
5.2.1.10. [01.01.08] Belanja Bahan Obat-obatan 5.898.000 5.898.000 0
5.2.3.01. [01.01.08] Belanja Perjalanan Dinas Dalam Kabupaten/Kota 3.000.000 3.000.000 0
5.2.7.99. [01.01.08] Belanja Barang untuk Diserahkan kepada Masyarakat Lainnya 9.000.000 9.000.000 0
5.4.1.01. [01.01.08] Belanja Tidak Terduga 9.000.000 9.000.000 0
01.01.90 Penyediaan Jaminan Sosial Selain Kepala Desa dan Perangkat Desa 2.983.200 2.983.200 0
5.2.5.99. [01.01.90] Belanja Operasional Perkantoran lainnya 406.800 406.800 0
5.2.5.99. [01.01.90] Belanja Operasional Perkantoran lainnya 2.576.400 2.576.400 0
01.02 Penyediaan Sarana Prasarana Pemerintahan Desa 39.700.512 39.700.512 0
01.02.01 Penyediaan Sarana (Aset Tetap) Perkantoran/Pemerintahan 19.700.512 19.700.512 0
5.3.2.04. [01.02.01] Belanja Modal Peralatan Mebelair dan Aksesoris Ruangan 2.000.000 2.000.000 0
5.3.2.05. [01.02.01] Belanja Modal Peralatan Dapur 2.200.512 2.200.512 0
5.3.2.10. [01.02.01] Belanja Modal Mesin 9.000.000 9.000.000 0
5.3.2.10. [01.02.01] Belanja Modal Mesin 6.500.000 6.500.000 0
01.02.03 Pembangunan/Rehabilitasi/Peningkatan Gedung/Prasarana Kantor Desa **) 20.000.000 20.000.000 0
5.3.4.01. [01.02.03] Belanja Modal Gedung, Bangunan, Taman - Honor Pelaksana Kegiatan 450.000 450.000 0
5.3.4.02. [01.02.03] Belanja Modal Gedung, Bangunan, Taman - Upah Tenaga Kerja 7.500.000 7.500.000 0
5.3.4.03. [01.02.03] Belanja Modal Gedung, Bangunan, Taman - Bahan Baku/Material 11.000.000 11.000.000 0
5.3.4.05. [01.02.03] Belanja Modal Gedung, Bangunan, Taman - Administrasi Kegiatan 1.050.000 1.050.000 0
01.03 Pengelolaan Administrasi Kependudukan, Pencatatan Sipil, Statistik dan Kearsipan 10.800.000 10.800.000 0
01.03.02 Penyusunan, Pendataan, dan Pemutakhiran Profil Desa **) 9.000.000 9.000.000 0
5.2.2.05. [01.03.02] Belanja Jasa Honorarium Petugas 4.000.000 4.000.000 0
5.2.2.08. [01.03.02] Belanja Jasa Uang Saku Pelatihan/Seminar/Bimbingan Teknis 5.000.000 5.000.000 0
01.03.05 Pemetaan dan Analisis Kemiskinan Desa secara Partisipatif 1.800.000 1.800.000 0
5.2.2.05. [01.03.05] Belanja Jasa Honorarium Petugas 1.800.000 1.800.000 0
01.04 Penyelenggaraan Tata Praja Pemerintahan, Perencanaan, Keuangan dan Pelaporan 56.470.000 56.470.000 0
01.04.01 Penyelenggaraan Musyawarah Perencanaan Desa/Pembahasan APBDes (Reguler) 3.000.000 3.000.000 0
5.2.1.06. [01.04.01] Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum) 3.000.000 3.000.000 0
01.04.02 Penyelenggaraan Musyawarah Desa Lainnya (Musdus, Rembug desa Non Reguler) 3.720.000 3.720.000 0
5.2.1.06. [01.04.02] Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum) 3.720.000 3.720.000 0
01.04.05 Pengelolaan Administrasi/ Inventarisasi/Penilaian Aset Desa 9.800.000 9.800.000 0
5.2.2.05. [01.04.05] Belanja Jasa Honorarium Petugas 2.400.000 2.400.000 0
5.2.2.05. [01.04.05] Belanja Jasa Honorarium Petugas 2.400.000 2.400.000 0
5.2.2.08. [01.04.05] Belanja Jasa Uang Saku Pelatihan/Seminar/Bimbingan Teknis 5.000.000 5.000.000 0
01.04.08 Pengembangan Sistem Informasi Desa 39.950.000 39.950.000 0
5.2.2.03. [01.04.08] Belanja Jasa Honorarium/Insentif Pelayanan Desa 18.000.000 18.000.000 0
5.2.2.05. [01.04.08] Belanja Jasa Honorarium Petugas 1.800.000 1.800.000 0
5.2.2.05. [01.04.08] Belanja Jasa Honorarium Petugas 1.800.000 1.800.000 0
5.2.2.08. [01.04.08] Belanja Jasa Uang Saku Pelatihan/Seminar/Bimbingan Teknis 10.000.000 10.000.000 0
5.2.5.05. [01.04.08] Belanja Jasa Langganan Internet 6.000.000 6.000.000 0
5.2.6.08. [01.04.08] Belanja Pemeliharaan Jaringan dan Instalasi (Listrik, telepon, internet, komunikasi dll) 2.350.000 2.350.000 0
02 BIDANG PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DESA 494.080.000 303.780.000 -190.300.000
02.01 Sub Bidang Pendidikan 41.040.000 41.040.000 0
02.01.01 Penyelenggaraan PAUD/TK/TPA/TKA/TPQ/Madrasah Non-Formal Milik Desa (Honor, Pakaian dll) 36.240.000 36.240.000 0
5.2.2.05. [02.01.01] Belanja Jasa Honorarium Petugas 6.000.000 6.000.000 0
5.2.2.05. [02.01.01] Belanja Jasa Honorarium Petugas 30.240.000 30.240.000 0
02.01.10 Dukungan Pendidikan bagi Siswa Miskin/Berprestasi 4.800.000 4.800.000 0
5.2.1.09. [02.01.10] Belanja Pakaian Dinas/Seragam/Atribut 4.800.000 4.800.000 0
02.02 Sub Bidang Kesehatan 23.440.000 23.440.000 0
02.02.01 Penyelenggaraan Pos Kesehatan Desa/Polindes Milik Desa (obat, Insentif, KB, dsb) 9.000.000 9.000.000 0
5.2.2.05. [02.02.01] Belanja Jasa Honorarium Petugas 9.000.000 9.000.000 0
02.02.02 Penyelenggaraan Posyandu (Makanan Tambahan, Kelas Bumil, Lansia, Insentif) 9.000.000 9.000.000 0
5.2.1.06. [02.02.02] Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum) 9.000.000 9.000.000 0
02.02.90 Fasilitasi Penyelenggaraan Keluarga Berencana Melalui Kampung KB (insentif 1.200.000 1.200.000 0
5.2.2.05. [02.02.90] Belanja Jasa Honorarium Petugas 1.200.000 1.200.000 0
02.02.92 Pencegahan dan Penurunan Stunting 4.240.000 4.240.000 0
5.2.1.05. [02.02.92] Belanja Barang Cetak dan Penggandaan 200.000 200.000 0
5.2.1.06. [02.02.92] Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum) 2.340.000 2.340.000 0
5.2.2.05. [02.02.92] Belanja Jasa Honorarium Petugas 1.200.000 1.200.000 0
5.2.2.05. [02.02.92] Belanja Jasa Honorarium Petugas 500.000 500.000 0
02.03 Sub Bidang Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang 420.000.000 229.700.000 -190.300.000
02.03.10 Pembangunan/Rehabilitas/Peningkatan/Pengerasan Jalan Desa **) 300.000.000 229.700.000 -70.300.000
5.3.5.01. [02.03.10] Belanja Modal Jalan - Honor Tim Pelaksana Kegiatan 1.800.000 3.270.000 1.470.000
5.3.5.02. [02.03.10] Belanja Modal Jalan - Upah Tenaga Kerja 16.947.500 32.815.000 15.867.500
5.3.5.03. [02.03.10] Belanja Modal Jalan - Bahan Baku/Material 272.422.500 182.114.455 -90.308.045
5.3.5.04. [02.03.10] Belanja Modal Jalan - Sewa Peralatan 7.480.000 10.800.000 3.320.000
5.3.5.05. [02.03.10] Belanja Modal Jalan - Administrasi Kegiatan 1.350.000 700.545 -649.455
02.03.12 Pembangunan/Rehabilitasi/Peningkatan/Pengerasan Jalan Usaha Tani **) 120.000.000 -120.000.000
5.3.5.01. [02.03.12] Belanja Modal Jalan - Honor Tim Pelaksana Kegiatan 1.500.000 0 -1.500.000
5.3.5.01. [02.03.12] Belanja Modal Jalan - Honor Tim Pelaksana Kegiatan 1.500.000 0 -1.500.000
5.3.5.02. [02.03.12] Belanja Modal Jalan - Upah Tenaga Kerja 10.550.000 0 -10.550.000
5.3.5.02. [02.03.12] Belanja Modal Jalan - Upah Tenaga Kerja 7.650.000 0 -7.650.000
5.3.5.03. [02.03.12] Belanja Modal Jalan - Bahan Baku/Material 65.550.000 0 -65.550.000
5.3.5.03. [02.03.12] Belanja Modal Jalan - Bahan Baku/Material 28.450.000 0 -28.450.000
5.3.5.04. [02.03.12] Belanja Modal Jalan - Sewa Peralatan 1.750.000 0 -1.750.000
5.3.5.04. [02.03.12] Belanja Modal Jalan - Sewa Peralatan 1.750.000 0 -1.750.000
5.3.5.05. [02.03.12] Belanja Modal Jalan - Administrasi Kegiatan 650.000 0 -650.000
5.3.5.05. [02.03.12] Belanja Modal Jalan - Administrasi Kegiatan 650.000 0 -650.000
02.06 Sub Bidang Perhubungan, Komunikasi dan Informatika 9.600.000 9.600.000 0
02.06.02 Penyelenggaraan Informasi Publik Desa (Poster, Baliho Dll) 9.600.000 9.600.000 0
5.2.1.05. [02.06.02] Belanja Barang Cetak dan Penggandaan 3.600.000 3.600.000 0
5.3.2.07. [02.06.02] Belanja Modal Peralatan Rambu-rambu/Patok Tanah 6.000.000 6.000.000 0
03 BIDANG PEMBINAAN KEMASYARAKATAN 345.360.000 415.660.000 70.300.000
03.01 Sub Bidang Ketenteraman, Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat 40.000.000 40.000.000 0
03.01.02 Penguatan & Peningkatan Kapasitas Tenaga Keamanan/Ketertiban oleh Pemdes 40.000.000 40.000.000 0
5.2.2.08. [03.01.02] Belanja Jasa Uang Saku Pelatihan/Seminar/Bimbingan Teknis 40.000.000 40.000.000 0
03.02 Sub Bidang Kebudayaan dan Keagamaan 123.500.000 123.500.000 0
03.02.01 Pembinaan Group Kesenian dan Kebudayaan Tingkat Desa 120.000.000 120.000.000 0
5.2.1.99. [03.02.01] Belanja Barang Perlengkapan Lainnya 60.000.000 60.000.000 0
5.2.1.99. [03.02.01] Belanja Barang Perlengkapan Lainnya 60.000.000 60.000.000 0
03.02.03 Penyelenggaraan Festival Kesenian, Adat/Kebudayaan, dan Keagamaan (HUT RI, Raya Keagamaan dll) 3.500.000 3.500.000 0
5.2.5.99. [03.02.03] Belanja Operasional Perkantoran lainnya 1.500.000 1.500.000 0
5.2.5.99. [03.02.03] Belanja Operasional Perkantoran lainnya 1.000.000 1.000.000 0
5.2.5.99. [03.02.03] Belanja Operasional Perkantoran lainnya 1.000.000 1.000.000 0
03.03 Sub Bidang Kepemudaan dan Olahraga 179.700.000 250.000.000 70.300.000
03.03.05 Pembangunan/Rehabilitasi/Peningkatan Sarana dan Prasarana Kepemudaan & Olahraga Milik Desa 179.700.000 250.000.000 70.300.000
5.3.4.01. [03.03.05] Belanja Modal Gedung, Bangunan, Taman - Honor Pelaksana Kegiatan 1.150.000 2.870.000 1.720.000
5.3.4.02. [03.03.05] Belanja Modal Gedung, Bangunan, Taman - Upah Tenaga Kerja 30.450.000 44.142.500 13.692.500
5.3.4.03. [03.03.05] Belanja Modal Gedung, Bangunan, Taman - Bahan Baku/Material 147.500.000 197.437.500 49.937.500
5.3.4.04. [03.03.05] Belanja Modal Gedung, Bangunan, Taman - Sewa Peralatan 0 4.950.000 4.950.000
5.3.4.05. [03.03.05] Belanja Modal Gedung, Bangunan, Taman - Administrasi Kegiatan 600.000 600.000 0
03.04 Sub Bidang Kelembagaan Masyarakat 2.160.000 2.160.000 0
03.04.02 Pembinaan LKMD/LPM/LPMD 2.160.000 2.160.000 0
5.2.2.05. [03.04.02] Belanja Jasa Honorarium Petugas 2.160.000 2.160.000 0
04 BIDANG PEMBERDAYAAN MASYARAKAT 94.676.450 36.978.450 -57.698.000
04.02 Sub Bidang Pertanian dan Peternakan 57.698.000 -57.698.000
04.02.92 Bantuan Pertanian dan Peternakan 57.698.000 -57.698.000
5.2.6.99. [04.02.92] Belanja Pemeliharaan Lainnya 14.198.000 0 -14.198.000
5.2.7.05. [04.02.92] Belanja Bantuan Bibit Tanaman/Hewan/Ikan 30.000.000 0 -30.000.000
5.2.7.05. [04.02.92] Belanja Bantuan Bibit Tanaman/Hewan/Ikan 13.500.000 0 -13.500.000
04.07 Sub Bidang Perdagangan dan Perindustrian 36.978.450 36.978.450 0
04.07.02 Pembangunan/Rehab Pasar Desa/Kios Milik Desa 30.000.000 30.000.000 0
5.3.4.01. [04.07.02] Belanja Modal Gedung, Bangunan, Taman - Honor Pelaksana Kegiatan 450.000 2.050.000 1.600.000
5.3.4.02. [04.07.02] Belanja Modal Gedung, Bangunan, Taman - Upah Tenaga Kerja 8.450.000 11.585.000 3.135.000
5.3.4.03. [04.07.02] Belanja Modal Gedung, Bangunan, Taman - Bahan Baku/Material 20.050.000 15.365.000 -4.685.000
5.3.4.04. [04.07.02] Belanja Modal Gedung, Bangunan, Taman - Sewa Peralatan 0 450.000 450.000
5.3.4.05. [04.07.02] Belanja Modal Gedung, Bangunan, Taman - Administrasi Kegiatan 1.050.000 550.000 -500.000
04.07.04 Pembentukan/Fasilitasi/Pelatihan/Pendampingan kelompok usaha ekonomi produktif 6.978.450 6.978.450 0
5.2.1.05. [04.07.04] Belanja Barang Cetak dan Penggandaan 300.000 300.000 0
5.2.1.06. [04.07.04] Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum) 2.190.450 2.190.450 0
5.2.1.07. [04.07.04] Belanja Bahan Material 2.388.000 2.388.000 0
5.2.2.05. [04.07.04] Belanja Jasa Honorarium Petugas 600.000 600.000 0
5.2.2.08. [04.07.04] Belanja Jasa Uang Saku Pelatihan/Seminar/Bimbingan Teknis 1.500.000 1.500.000 0
05 BIDANG PENANGGULANGAN BENCANA, DARURAT DAN MENDESAK DESA 90.000.000 90.000.000 0
05.03 Sub Bidang Keadaan Mendesak 90.000.000 90.000.000 0
05.03.00 Penanganan Keadaan Mendesak 90.000.000 90.000.000 0
5.4.1.01. [05.03.00] Belanja Tidak Terduga 90.000.000 90.000.000 0
JUMLAH BELANJA 1.549.855.404 1.372.157.404 -177.698.000

6. PEMBIAYAAN

Kode Rekening Uraian Anggaran Awal Anggaran Setelah Perubahan Bertambah/(Berkurang)
6.1 PENERIMAAN PEMBIAYAAN
6.1.1.01. SILPA Tahun Sebelumnya 55.533.442 55.533.442 0
6.1.1.01. SILPA Tahun Sebelumnya 31.000.000 31.000.000 0
6.1.1.01. SILPA Tahun Sebelumnya 2.200.512 2.200.512 0
6.1.1.01. SILPA Tahun Sebelumnya 290.450 290.450 0
6.2 PENGELUARAN PEMBIAYAAN
6.2.2.01. Penyertaan Modal Desa 9.000.000 9.000.000 0
6.2.9.99. Pengeluaran Pembiayaan Lainnya 0 177.698.000 177.698.000
JUMLAH PENERIMAAN PEMBIAYAAN 89.024.404 89.024.404 0
JUMLAH PENGELUARAN PEMBIAYAAN 9.000.000 186.698.000 177.698.000
JUMLAH PEMBIAYAAN NETTO 80.024.404 -97.673.596 -177.698.000
SURPLUS/(DEFISIT) -80.024.404 97.673.596 177.698.000
SISA LEBIH PEMBIAYAAN ANGGARAN 0 0 0

Anggaran Awal

Pendapatan: Rp 1.469.831.000

Belanja: Rp 1.549.855.404

Surplus/(Defisit): Rp -80.024.404

Anggaran Setelah Perubahan

Pendapatan: Rp 1.469.831.000

Belanja: Rp 1.372.157.404

Surplus/(Defisit): Rp 97.673.596

Perubahan

Pendapatan: Rp 0

Belanja: Rp -177.698.000

Pembiayaan: Rp 177.698.000

© 2025 Open Data Keuangan Desa Kabupaten Wonosobo