Logo
Open Data Keuangan Desa
Kab. Wonosobo
Sistem Informasi Keuangan
Dashboard
📄 RPJMDes 📋 RKPDes
💰 APBDes 📝 APBDes Perubahan
📊 Laporan Realisasi
📊 Keuangan Desa
Login

Open Data Keuangan Desa

📝 APBDes Perubahan - Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa

Tahun Anggaran 2025

PEMERINTAH KABUPATEN WONOSOBO

KECAMATAN KECAMATAN KALIBAWANG

DESA PEMERINTAH DESA PENGARENGAN

PERUBAHAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DESA

TAHUN ANGGARAN 2025

4. PENDAPATAN

Kode Rekening Uraian Anggaran Awal Anggaran Setelah Perubahan Bertambah/(Berkurang)
4.2.1.01. Dana Desa 972.384.000 972.564.000 180.000
4.2.2.01. Bagi Hasil Pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten/Kota 59.959.000 59.959.000 0
4.2.3.01. Alokasi Dana Desa 436.164.000 436.164.000 0
4.2.4.01. Bantuan Keuangan dari APBD Provinsi 0 60.000.000 60.000.000
4.2.5.01. Bantuan Keuangan dari APBD Kabupaten/Kota 0 0 0
4.3.6.01. Bunga Bank 130.000 130.000 0
JUMLAH PENDAPATAN 1.468.637.000 1.528.817.000 60.180.000

5. BELANJA

Kode Rekening Uraian Anggaran Awal Anggaran Setelah Perubahan Bertambah/(Berkurang)
01 BIDANG PENYELENGGARAN PEMERINTAHAN DESA 514.365.555 499.496.555 -14.869.000
01.01 Penyelenggaran Belanja Siltap, Tunjangan dan Operasional Pemerintahan Desa 472.294.168 472.311.987 17.819
01.01.01 Penyediaan Penghasilan Tetap dan Tunjangan Kepala Desa 58.200.000 58.200.000 0
5.1.1.01. [01.01.01] Penghasilan Tetap Kepala Desa 52.200.000 52.200.000 0
5.1.1.02. [01.01.01] Tunjangan Kepala Desa 6.000.000 6.000.000 0
01.01.02 Penyediaan Penghasilan Tetap dan Tunjangan Perangkat Desa 272.125.000 272.125.000 0
5.1.2.01. [01.01.02] Penghasilan Tetap Perangkat Desa 34.200.000 34.200.000 0
5.1.2.01. [01.01.02] Penghasilan Tetap Perangkat Desa 216.125.000 216.125.000 0
5.1.2.02. [01.01.02] Tunjangan Perangkat Desa 3.600.000 3.600.000 0
5.1.2.02. [01.01.02] Tunjangan Perangkat Desa 18.200.000 18.200.000 0
01.01.03 Penyediaan Jaminan Sosial bagi Kepala Desa dan Perangkat Desa 18.818.280 19.487.520 669.240
5.1.3.03. [01.01.03] Jaminan Ketenagakerjaan Kepala Desa 3.444.480 3.631.680 187.200
5.1.3.03. [01.01.03] Jaminan Ketenagakerjaan Kepala Desa 2.171.520 2.358.720 187.200
5.1.3.04. [01.01.03] Jaminan Ketenagakerjaan Perangkat Desa 13.202.280 13.497.120 294.840
01.01.04 Penyediaan Operasional Pemerintah Desa (ATK, Honor PKPKD dan PPKD dll) 53.198.888 52.747.467 -451.421
5.2.1.01. [01.01.04] Belanja Alat Tulis Kantor dan Benda Pos 5.000.168 5.017.987 17.819
5.2.1.03. [01.01.04] Belanja Perlengkapan Alat Rumah Tangga dan Bahan Kebersihan 500.000 0 -500.000
5.2.1.05. [01.01.04] Belanja Barang Cetak dan Penggandaan 700.000 700.000 0
5.2.1.06. [01.01.04] Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum) 2.568.720 2.599.480 30.760
5.2.2.03. [01.01.04] Belanja Jasa Honorarium/Insentif Pelayanan Desa 24.000.000 24.000.000 0
5.2.2.06. [01.01.04] Belanja Jasa Honorarium PKPKD dan PPKD 16.500.000 16.500.000 0
5.2.5.01. [01.01.04] Belanja Jasa Langganan Listrik 800.000 800.000 0
5.2.5.07. [01.01.04] Belanja Jasa Perpanjangan Ijin/Pajak 100.000 100.000 0
5.2.5.99. [01.01.04] Belanja Operasional Perkantoran lainnya 30.000 30.000 0
5.2.6.02. [01.01.04] Belanja Pemeliharaan Kendaraan Bermotor 2.500.000 2.500.000 0
5.2.6.03. [01.01.04] Belanja Pemeliharaan Peralatan 500.000 500.000 0
01.01.05 Penyediaan Tunjangan BPD 18.600.000 18.600.000 0
5.1.4.01. [01.01.05] Tunjangan Kedudukan BPD 18.600.000 18.600.000 0
01.01.06 Penyediaan Operasional BPD (rapat, ATK, Makan Minum, Pakaian Seragam, Listrik dll) 2.078.000 1.878.000 -200.000
5.2.1.01. [01.01.06] Belanja Alat Tulis Kantor dan Benda Pos 200.000 0 -200.000
5.2.1.06. [01.01.06] Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum) 600.000 500.000 -100.000
5.2.2.99. [01.01.06] Belanja Jasa Honorarium Lainnya 600.000 700.000 100.000
5.2.5.99. [01.01.06] Belanja Operasional Perkantoran lainnya 678.000 678.000 0
01.01.07 Penyediaan Insentif/Operasional RT/RW 20.274.000 20.274.000 0
5.2.5.08. [01.01.07] Belanja Insentif/Operasional RT/RW 18.240.000 18.240.000 0
5.2.5.99. [01.01.07] Belanja Operasional Perkantoran lainnya 2.034.000 2.034.000 0
01.01.08 Penyediaan Operasional Pemerintah Desa yang bersumber dari Dana Desa 29.000.000 29.000.000 0
5.2.1.06. [01.01.08] Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum) 5.200.000 5.200.000 0
5.2.4.02. [01.01.08] Belanja Jasa Sewa Peralatan/Perlengkapan 22.750.000 22.750.000 0
5.2.4.03. [01.01.08] Belanja Jasa Sewa Sarana Mobilitas 1.050.000 1.050.000 0
01.03 Pengelolaan Administrasi Kependudukan, Pencatatan Sipil, Statistik dan Kearsipan 5.150.000 5.312.181 162.181
01.03.01 Pelayanan Administrasi Umum dan Kependudukan 2.500.000 2.680.000 180.000
5.2.1.01. [01.03.01] Belanja Alat Tulis Kantor dan Benda Pos 2.500.000 2.500.000 0
5.2.5.99. [01.03.01] Belanja Operasional Perkantoran lainnya 0 180.000 180.000
01.03.02 Penyusunan, Pendataan, dan Pemutakhiran Profil Desa **) 500.000 482.181 -17.819
5.2.1.01. [01.03.02] Belanja Alat Tulis Kantor dan Benda Pos 120.000 120.000 0
5.2.1.05. [01.03.02] Belanja Barang Cetak dan Penggandaan 380.000 362.181 -17.819
01.03.05 Pemetaan dan Analisis Kemiskinan Desa secara Partisipatif 2.150.000 2.150.000 0
5.2.2.05. [01.03.05] Belanja Jasa Honorarium Petugas 2.150.000 2.150.000 0
01.04 Penyelenggaraan Tata Praja Pemerintahan, Perencanaan, Keuangan dan Pelaporan 36.409.798 21.360.798 -15.049.000
01.04.03 Penyusunan Dokumen Perencanaan Desa (RPJMDesa/RKPDesa dll) 6.511.760 6.511.760 0
5.2.1.01. [01.04.03] Belanja Alat Tulis Kantor dan Benda Pos 175.600 175.600 0
5.2.1.05. [01.04.03] Belanja Barang Cetak dan Penggandaan 36.160 36.160 0
5.2.1.06. [01.04.03] Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum) 3.000.000 3.000.000 0
5.2.2.05. [01.04.03] Belanja Jasa Honorarium Petugas 3.300.000 3.300.000 0
01.04.04 Penyusunan Dokumen Keuangan Desa (APBDes, APBDes Perubahan, LPJ dll) 2.496.808 2.496.808 0
5.2.1.01. [01.04.04] Belanja Alat Tulis Kantor dan Benda Pos 2.496.808 2.496.808 0
01.04.07 Penyusunan Laporan Kepala Desa, LPPDesa dan Informasi Kepada Masyarakat 2.502.230 2.502.230 0
5.2.1.06. [01.04.07] Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum) 2.502.230 2.502.230 0
01.04.08 Pengembangan Sistem Informasi Desa 9.850.000 9.850.000 0
5.2.1.06. [01.04.08] Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum) 1.500.000 1.500.000 0
5.2.4.03. [01.04.08] Belanja Jasa Sewa Sarana Mobilitas 400.000 400.000 0
5.2.5.05. [01.04.08] Belanja Jasa Langganan Internet 5.400.000 5.400.000 0
5.2.5.99. [01.04.08] Belanja Operasional Perkantoran lainnya 2.550.000 2.550.000 0
01.04.10 Dukungan & Sosialisasi Pelaksanaan Pilkades, Pemilihan Ka. Kewilayahan & BPD 15.049.000 -15.049.000
5.2.1.06. [01.04.10] Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum) 9.820.000 0 -9.820.000
5.2.1.99. [01.04.10] Belanja Barang Perlengkapan Lainnya 989.000 0 -989.000
5.2.2.05. [01.04.10] Belanja Jasa Honorarium Petugas 4.240.000 0 -4.240.000
01.05 Sub Bidang Pertanahan 511.589 511.589 0
01.05.02 Administrasi Pertanahan (Pendaftaran Tanah dan Pemberian Registrasi Agenda Pertanahan) 511.589 511.589 0
5.2.1.01. [01.05.02] Belanja Alat Tulis Kantor dan Benda Pos 200.000 200.000 0
5.2.1.05. [01.05.02] Belanja Barang Cetak dan Penggandaan 61.589 61.589 0
5.2.3.01. [01.05.02] Belanja Perjalanan Dinas Dalam Kabupaten/Kota 250.000 250.000 0
02 BIDANG PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DESA 490.174.675 735.484.675 245.310.000
02.01 Sub Bidang Pendidikan 24.000.000 24.000.000 0
02.01.01 Penyelenggaraan PAUD/TK/TPA/TKA/TPQ/Madrasah Non-Formal Milik Desa (Honor, Pakaian dll) 7.200.000 7.200.000 0
5.2.2.05. [02.01.01] Belanja Jasa Honorarium Petugas 7.200.000 7.200.000 0
02.01.02 Dukungan Penyelenggaraan PAUD (APE, Sarana PAUD dst) 16.800.000 16.800.000 0
5.2.2.05. [02.01.02] Belanja Jasa Honorarium Petugas 16.800.000 16.800.000 0
02.02 Sub Bidang Kesehatan 63.727.000 70.488.000 6.761.000
02.02.02 Penyelenggaraan Posyandu (Makanan Tambahan, Kelas Bumil, Lansia, Insentif) 46.750.000 53.511.000 6.761.000
5.2.1.01. [02.02.02] Belanja Alat Tulis Kantor dan Benda Pos 2.500.000 2.500.000 0
5.2.1.09. [02.02.02] Belanja Pakaian Dinas/Seragam/Atribut 8.400.000 8.400.000 0
5.2.2.01. [02.02.02] Belanja Jasa Honorarium Tim Pelaksana Kegiatan 12.000.000 12.000.000 0
5.2.2.05. [02.02.02] Belanja Jasa Honorarium Petugas 840.000 10.080.000 9.240.000
5.3.2.08. [02.02.02] Belanja Modal Peralatan Khusus Kesehatan 12.010.000 12.010.000 0
5.3.2.99. [02.02.02] Belanja Modal Peralatan, Mesin dan Alat Berat Lainnya 11.000.000 8.521.000 -2.479.000
02.02.04 Penyelenggaraan Desa Siaga Kesehatan 12.152.000 12.152.000 0
5.2.1.06. [02.02.04] Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum) 5.152.000 5.152.000 0
5.2.7.99. [02.02.04] Belanja Barang untuk Diserahkan kepada Masyarakat Lainnya 7.000.000 7.000.000 0
02.02.92 Pencegahan dan Penurunan Stunting 4.825.000 4.825.000 0
5.2.1.99. [02.02.92] Belanja Barang Perlengkapan Lainnya 4.825.000 4.825.000 0
02.03 Sub Bidang Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang 400.197.675 378.746.675 -21.451.000
02.03.02 Pemeliharaan Jalan Lingkungan Pemukiman/Gang 348.197.675 348.197.675 0
5.3.5.01. [02.03.02] Belanja Modal Jalan - Honor Tim Pelaksana Kegiatan 4.040.000 4.040.000 0
5.3.5.01. [02.03.02] Belanja Modal Jalan - Honor Tim Pelaksana Kegiatan 6.000.000 6.000.000 0
5.3.5.02. [02.03.02] Belanja Modal Jalan - Upah Tenaga Kerja 10.035.000 10.035.000 0
5.3.5.02. [02.03.02] Belanja Modal Jalan - Upah Tenaga Kerja 5.331.875 5.331.875 0
5.3.5.02. [02.03.02] Belanja Modal Jalan - Upah Tenaga Kerja 2.865.800 2.865.800 0
5.3.5.02. [02.03.02] Belanja Modal Jalan - Upah Tenaga Kerja 38.707.500 38.707.500 0
5.3.5.03. [02.03.02] Belanja Modal Jalan - Bahan Baku/Material 119.276.500 119.276.500 0
5.3.5.03. [02.03.02] Belanja Modal Jalan - Bahan Baku/Material 154.842.500 154.842.500 0
5.3.5.04. [02.03.02] Belanja Modal Jalan - Sewa Peralatan 5.050.500 5.050.500 0
5.3.5.05. [02.03.02] Belanja Modal Jalan - Administrasi Kegiatan 1.598.000 1.598.000 0
5.3.5.05. [02.03.02] Belanja Modal Jalan - Administrasi Kegiatan 450.000 450.000 0
02.03.06 Pemeliharaan Gedung/Prasarana Balai Desa/Balai Kemasyarakatan 30.549.000 30.549.000
5.3.4.01. [02.03.06] Belanja Modal Gedung, Bangunan, Taman - Honor Pelaksana Kegiatan 0 1.900.000 1.900.000
5.3.4.02. [02.03.06] Belanja Modal Gedung, Bangunan, Taman - Upah Tenaga Kerja 0 5.010.000 5.010.000
5.3.4.03. [02.03.06] Belanja Modal Gedung, Bangunan, Taman - Bahan Baku/Material 0 23.189.000 23.189.000
5.3.4.05. [02.03.06] Belanja Modal Gedung, Bangunan, Taman - Administrasi Kegiatan 0 450.000 450.000
02.03.14 Pembangunan/Rehabilitasi/Peningkatan Prasarana Jalan Desa (Gorong, selokan dll) 52.000.000 -52.000.000
5.3.5.01. [02.03.14] Belanja Modal Jalan - Honor Tim Pelaksana Kegiatan 1.560.000 0 -1.560.000
5.3.5.02. [02.03.14] Belanja Modal Jalan - Upah Tenaga Kerja 11.412.500 0 -11.412.500
5.3.5.03. [02.03.14] Belanja Modal Jalan - Bahan Baku/Material 38.577.500 0 -38.577.500
5.3.5.04. [02.03.14] Belanja Modal Jalan - Sewa Peralatan 450.000 0 -450.000
02.04 Sub Bidang Kawasan Pemukiman 260.000.000 260.000.000
02.04.01 Dukungan Pelaksanaan Program Pembangunan/Rehab Rumah Tidak Layak Huni GAKIN 60.000.000 60.000.000
5.3.4.03. [02.04.01] Belanja Modal Gedung, Bangunan, Taman - Bahan Baku/Material 0 60.000.000 60.000.000
02.04.12 Pembangunan/Rehabilitasi/Peningkatan Sambungan Air Bersih ke Rumah Tangga **) 200.000.000 200.000.000
5.3.4.01. [02.04.12] Belanja Modal Gedung, Bangunan, Taman - Honor Pelaksana Kegiatan 0 6.000.000 6.000.000
5.3.4.02. [02.04.12] Belanja Modal Gedung, Bangunan, Taman - Upah Tenaga Kerja 0 89.825.000 89.825.000
5.3.4.03. [02.04.12] Belanja Modal Gedung, Bangunan, Taman - Bahan Baku/Material 0 100.559.000 100.559.000
5.3.4.05. [02.04.12] Belanja Modal Gedung, Bangunan, Taman - Administrasi Kegiatan 0 3.616.000 3.616.000
02.06 Sub Bidang Perhubungan, Komunikasi dan Informatika 2.250.000 2.250.000 0
02.06.02 Penyelenggaraan Informasi Publik Desa (Poster, Baliho Dll) 2.250.000 2.250.000 0
5.2.1.05. [02.06.02] Belanja Barang Cetak dan Penggandaan 2.250.000 2.250.000 0
03 BIDANG PEMBINAAN KEMASYARAKATAN 252.171.000 29.410.000 -222.761.000
03.01 Sub Bidang Ketenteraman, Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat 31.180.000 15.680.000 -15.500.000
03.01.01 Pengadaan/Penyelenggaraan Pos Keamanan Desa 29.680.000 15.680.000 -14.000.000
5.2.1.06. [03.01.01] Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum) 840.000 840.000 0
5.2.1.09. [03.01.01] Belanja Pakaian Dinas/Seragam/Atribut 14.000.000 0 -14.000.000
5.2.2.05. [03.01.01] Belanja Jasa Honorarium Petugas 14.840.000 14.840.000 0
03.01.02 Penguatan & Peningkatan Kapasitas Tenaga Keamanan/Ketertiban oleh Pemdes 1.500.000 -1.500.000
5.2.2.08. [03.01.02] Belanja Jasa Uang Saku Pelatihan/Seminar/Bimbingan Teknis 1.500.000 0 -1.500.000
03.02 Sub Bidang Kebudayaan dan Keagamaan 7.261.000 -7.261.000
03.02.02 Pengiriman Kontingen Group Kesenian & Kebudayaan (Wakil Desa tkt. Kec/Kab/Kot) 7.261.000 -7.261.000
5.2.5.99. [03.02.02] Belanja Operasional Perkantoran lainnya 7.261.000 0 -7.261.000
03.03 Sub Bidang Kepemudaan dan Olahraga 201.261.000 1.261.000 -200.000.000
03.03.01 Pengiriman Kontingen Kepemudaan & Olahraga Sebagai Wakil Desa tkt Kec/Kab/Kota 1.261.000 1.261.000 0
5.2.1.06. [03.03.01] Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum) 1.000.000 1.000.000 0
5.2.4.03. [03.03.01] Belanja Jasa Sewa Sarana Mobilitas 261.000 261.000 0
03.03.05 Pembangunan/Rehabilitasi/Peningkatan Sarana dan Prasarana Kepemudaan & Olahraga Milik Desa 200.000.000 -200.000.000
5.3.5.01. [03.03.05] Belanja Modal Jalan - Honor Tim Pelaksana Kegiatan 4.240.000 0 -4.240.000
5.3.5.02. [03.03.05] Belanja Modal Jalan - Upah Tenaga Kerja 23.625.000 0 -23.625.000
5.3.5.03. [03.03.05] Belanja Modal Jalan - Bahan Baku/Material 170.329.375 0 -170.329.375
5.3.5.04. [03.03.05] Belanja Modal Jalan - Sewa Peralatan 455.625 0 -455.625
5.3.5.05. [03.03.05] Belanja Modal Jalan - Administrasi Kegiatan 1.350.000 0 -1.350.000
03.04 Sub Bidang Kelembagaan Masyarakat 12.469.000 12.469.000 0
03.04.03 Pembinaan PKK 12.469.000 12.469.000 0
5.2.1.01. [03.04.03] Belanja Alat Tulis Kantor dan Benda Pos 384.000 384.000 0
5.2.1.06. [03.04.03] Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum) 2.235.000 2.235.000 0
5.2.1.09. [03.04.03] Belanja Pakaian Dinas/Seragam/Atribut 7.600.000 7.600.000 0
5.2.1.99. [03.04.03] Belanja Barang Perlengkapan Lainnya 1.500.000 1.500.000 0
5.2.3.01. [03.04.03] Belanja Perjalanan Dinas Dalam Kabupaten/Kota 750.000 750.000 0
04 BIDANG PEMBERDAYAAN MASYARAKAT 194.500.000 52.500.000 -142.000.000
04.02 Sub Bidang Pertanian dan Peternakan 194.500.000 52.500.000 -142.000.000
04.02.90 Pengembangan Usaha Pertanian, Perkebunan, Perhutanan, Peternakan dan/atau Perikanan 194.500.000 52.500.000 -142.000.000
5.2.7.05. [04.02.90] Belanja Bantuan Bibit Tanaman/Hewan/Ikan 166.750.000 0 -166.750.000
5.2.7.05. [04.02.90] Belanja Bantuan Bibit Tanaman/Hewan/Ikan 0 52.500.000 52.500.000
5.3.2.01. [04.02.90] Belanja Modal Pembayaran Honor Tim Pelaksana Kegiatan (PM) 27.750.000 0 -27.750.000
05 BIDANG PENANGGULANGAN BENCANA, DARURAT DAN MENDESAK DESA 54.863.178 54.863.178 0
05.02 Sub Bidang Keadaan Darurat 863.178 863.178 0
05.02.00 Penanganan Keadaan Darurat 863.178 863.178 0
5.4.1.01. [05.02.00] Belanja Tidak Terduga 863.178 863.178 0
05.03 Sub Bidang Keadaan Mendesak 54.000.000 54.000.000 0
05.03.00 Penanganan Keadaan Mendesak 54.000.000 54.000.000 0
5.4.1.01. [05.03.00] Belanja Tidak Terduga 54.000.000 54.000.000 0
JUMLAH BELANJA 1.506.074.408 1.371.754.408 -134.320.000

6. PEMBIAYAAN

Kode Rekening Uraian Anggaran Awal Anggaran Setelah Perubahan Bertambah/(Berkurang)
6.1 PENERIMAAN PEMBIAYAAN
6.1.1.01. SILPA Tahun Sebelumnya 7.000.168 7.000.168 0
6.1.1.01. SILPA Tahun Sebelumnya 16.379.579 16.379.579 0
6.1.1.01. SILPA Tahun Sebelumnya 3.359.986 3.359.986 0
6.1.1.01. SILPA Tahun Sebelumnya 2.500.000 2.500.000 0
6.1.1.01. SILPA Tahun Sebelumnya 2.865.800 2.865.800 0
6.1.1.01. SILPA Tahun Sebelumnya 5.331.875 5.331.875 0
6.2 PENGELUARAN PEMBIAYAAN
6.2.2.01. Penyertaan Modal Desa 0 194.500.000 194.500.000
JUMLAH PENERIMAAN PEMBIAYAAN 37.437.408 37.437.408 0
JUMLAH PENGELUARAN PEMBIAYAAN 0 194.500.000 194.500.000
JUMLAH PEMBIAYAAN NETTO 37.437.408 -157.062.592 -194.500.000
SURPLUS/(DEFISIT) -37.437.408 157.062.592 194.500.000
SISA LEBIH PEMBIAYAAN ANGGARAN 0 0 0

Anggaran Awal

Pendapatan: Rp 1.468.637.000

Belanja: Rp 1.506.074.408

Surplus/(Defisit): Rp -37.437.408

Anggaran Setelah Perubahan

Pendapatan: Rp 1.528.817.000

Belanja: Rp 1.371.754.408

Surplus/(Defisit): Rp 157.062.592

Perubahan

Pendapatan: Rp 60.180.000

Belanja: Rp -134.320.000

Pembiayaan: Rp 194.500.000

© 2025 Open Data Keuangan Desa Kabupaten Wonosobo