Logo
Open Data Keuangan Desa
Kab. Wonosobo
Sistem Informasi Keuangan
Dashboard
📄 RPJMDes 📋 RKPDes
💰 APBDes 📝 APBDes Perubahan
📊 Laporan Realisasi
📊 Keuangan Desa
Login

Open Data Keuangan Desa

💰 APBDes - Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa

Tahun Anggaran 2025

PEMERINTAH KABUPATEN WONOSOBO

KECAMATAN KECAMATAN SELOMERTO

DESA PEMERINTAH DESA SUMBERWULAN

ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DESA

PENJABARAN

TAHUN ANGGARAN 2025

KODE URAIAN ANGGARAN SUMBER DANA
4 PENDAPATAN
4.2.1.01.                Dana Desa Rp 798.240.000 DDS
4.2.2.01.                Bagi Hasil Pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten/Kota Rp 60.503.000 PBH
4.2.3.01.                Alokasi Dana Desa Rp 442.754.000 ADD
4.3.6.01.                Bunga Bank Rp 60.000 DLL
JUMLAH PENDAPATAN Rp 1.301.557.000
5 BELANJA
01 BIDANG PENYELENGGARAN PEMERINTAHAN DESA Rp 562.074.708
01.01 Penyelenggaran Belanja Siltap, Tunjangan dan Operasional Pemerintahan Desa Rp 478.380.658
01.01.01 Penyediaan Penghasilan Tetap dan Tunjangan Kepala Desa Rp 58.200.000
5.1.1.01. [01.01.01]                Penghasilan Tetap Kepala Desa Rp 52.200.000 ADD
5.1.1.02. [01.01.01]                Tunjangan Kepala Desa Rp 6.000.000 ADD
01.01.02 Penyediaan Penghasilan Tetap dan Tunjangan Perangkat Desa Rp 273.300.000
5.1.2.01. [01.01.02]                Penghasilan Tetap Perangkat Desa Rp 233.700.000 ADD
5.1.2.02. [01.01.02]                Tunjangan Perangkat Desa Rp 39.600.000 ADD
01.01.03 Penyediaan Jaminan Sosial bagi Kepala Desa dan Perangkat Desa Rp 22.037.520
5.1.3.02. [01.01.03]                Jaminan Kesehatan Perangkat Desa Rp 22.037.520 ADD
01.01.04 Penyediaan Operasional Pemerintah Desa (ATK, Honor PKPKD dan PPKD dll) Rp 45.220.738
5.2.1.01. [01.01.04]                Belanja Alat Tulis Kantor dan Benda Pos Rp 5.685.440 ADD
5.2.1.04. [01.01.04]                Belanja Bahan Bakar Minyak/Gas/Isi Ulang Tabung Pemadam Kebakaran Rp 264.000 ADD
5.2.2.06. [01.01.04]                Belanja Jasa Honorarium PKPKD dan PPKD Rp 30.300.000 ADD
5.2.5.01. [01.01.04]                Belanja Jasa Langganan Listrik Rp 1.680.000 ADD
5.2.5.02. [01.01.04]                Belanja Jasa Langganan Air Bersih Rp 1.615.758 ADD
5.2.5.03. [01.01.04]                Belanja Jasa Langganan Majalah/Surat Kabar Rp 1.010.000 ADD
5.2.5.07. [01.01.04]                Belanja Jasa Perpanjangan Ijin/Pajak Rp 700.000 ADD
5.2.5.99. [01.01.04]                Belanja Operasional Perkantoran lainnya Rp 60.000 DLL
5.2.6.02. [01.01.04]                Belanja Pemeliharaan Kendaraan Bermotor Rp 1.600.000 ADD
5.2.6.03. [01.01.04]                Belanja Pemeliharaan Peralatan Rp 2.305.540 DLL
01.01.05 Penyediaan Tunjangan BPD Rp 18.600.000
5.1.4.01. [01.01.05]                Tunjangan Kedudukan BPD Rp 18.600.000 ADD
01.01.06 Penyediaan Operasional BPD (rapat, ATK, Makan Minum, Pakaian Seragam, Listrik dll) Rp 2.100.000
5.2.1.06. [01.01.06]                Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum) Rp 2.100.000 ADD
01.01.07 Penyediaan Insentif/Operasional RT/RW Rp 32.160.000
5.2.2.05. [01.01.07]                Belanja Jasa Honorarium Petugas Rp 23.760.000 ADD
5.2.2.05. [01.01.07]                Belanja Jasa Honorarium Petugas Rp 8.400.000 ADD
01.01.08 Penyediaan Operasional Pemerintah Desa yang bersumber dari Dana Desa Rp 22.200.000
5.2.3.01. [01.01.08]                Belanja Perjalanan Dinas Dalam Kabupaten/Kota Rp 4.200.000 DDS
5.2.7.99. [01.01.08]                Belanja Barang untuk Diserahkan kepada Masyarakat Lainnya Rp 3.000.000 DDS
5.2.7.99. [01.01.08]                Belanja Barang untuk Diserahkan kepada Masyarakat Lainnya Rp 15.000.000 DDS
01.01.90 Penyediaan Jaminan Sosial Selain Kepala Desa dan Perangkat Desa Rp 4.562.400
5.1.3.03. [01.01.90]                Jaminan Ketenagakerjaan Kepala Desa Rp 630.000 ADD
5.1.3.03. [01.01.90]                Jaminan Ketenagakerjaan Kepala Desa Rp 3.932.400 PBH
01.03 Pengelolaan Administrasi Kependudukan, Pencatatan Sipil, Statistik dan Kearsipan Rp 10.110.000
01.03.02 Penyusunan, Pendataan, dan Pemutakhiran Profil Desa **) Rp 4.000.000
5.2.1.01. [01.03.02]                Belanja Alat Tulis Kantor dan Benda Pos Rp 2.750.000 DDS
5.2.1.06. [01.03.02]                Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum) Rp 1.250.000 DDS
01.03.05 Pemetaan dan Analisis Kemiskinan Desa secara Partisipatif Rp 6.110.000
5.2.1.06. [01.03.05]                Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum) Rp 3.500.000 DDS
5.2.1.08. [01.03.05]                Belanja Bendera/Umbul-umbul/Spanduk Rp 210.000 DDS
5.2.2.05. [01.03.05]                Belanja Jasa Honorarium Petugas Rp 2.400.000 DDS
01.04 Penyelenggaraan Tata Praja Pemerintahan, Perencanaan, Keuangan dan Pelaporan Rp 60.284.050
01.04.01 Penyelenggaraan Musyawarah Perencanaan Desa/Pembahasan APBDes (Reguler) Rp 6.985.000
5.2.1.06. [01.04.01]                Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum) Rp 2.500.000 DDS
5.2.1.06. [01.04.01]                Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum) Rp 875.000 DDS
5.2.1.06. [01.04.01]                Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum) Rp 3.400.000 DDS
5.2.1.08. [01.04.01]                Belanja Bendera/Umbul-umbul/Spanduk Rp 210.000 DDS
01.04.02 Penyelenggaraan Musyawarah Desa Lainnya (Musdus, Rembug desa Non Reguler) Rp 5.670.000
5.2.1.06. [01.04.02]                Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum) Rp 2.500.000 DDS
5.2.1.06. [01.04.02]                Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum) Rp 2.750.000 DDS
5.2.1.08. [01.04.02]                Belanja Bendera/Umbul-umbul/Spanduk Rp 210.000 DDS
5.2.1.08. [01.04.02]                Belanja Bendera/Umbul-umbul/Spanduk Rp 210.000 DDS
01.04.03 Penyusunan Dokumen Perencanaan Desa (RPJMDesa/RKPDesa dll) Rp 2.649.050
5.2.1.05. [01.04.03]                Belanja Barang Cetak dan Penggandaan Rp 394.050 DDS
5.2.1.06. [01.04.03]                Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum) Rp 1.155.000 DDS
5.2.2.01. [01.04.03]                Belanja Jasa Honorarium Tim Pelaksana Kegiatan Rp 1.100.000 DDS
01.04.08 Pengembangan Sistem Informasi Desa Rp 44.980.000
5.2.1.06. [01.04.08]                Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum) Rp 2.000.000 DDS
5.2.1.08. [01.04.08]                Belanja Bendera/Umbul-umbul/Spanduk Rp 1.680.000 DDS
5.2.3.03. [01.04.08]                Belanja Kursus Pelatihan Rp 12.000.000 DDS
5.2.5.05. [01.04.08]                Belanja Jasa Langganan Internet Rp 4.200.000 DDS
5.2.6.99. [01.04.08]                Belanja Pemeliharaan Lainnya Rp 3.500.000 DDS
5.3.2.03. [01.04.08]                Belanja Modal Peralatan Komputer Rp 15.600.000 DDS
5.3.2.99. [01.04.08]                Belanja Modal Peralatan, Mesin dan Alat Berat Lainnya Rp 6.000.000 DDS
01.05 Sub Bidang Pertanahan Rp 13.300.000
01.05.01 Sertifikasi Tanah Kas Desa Rp 13.300.000
5.2.5.99. [01.05.01]                Belanja Operasional Perkantoran lainnya Rp 13.300.000 PBH
02 BIDANG PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DESA Rp 677.987.319
02.01 Sub Bidang Pendidikan Rp 78.700.000
02.01.01 Penyelenggaraan PAUD/TK/TPA/TKA/TPQ/Madrasah Non-Formal Milik Desa (Honor, Pakaian dll) Rp 48.000.000
5.2.2.99. [02.01.01]                Belanja Jasa Honorarium Lainnya Rp 12.000.000 DDS
5.2.2.99. [02.01.01]                Belanja Jasa Honorarium Lainnya Rp 12.000.000 DDS
5.2.2.99. [02.01.01]                Belanja Jasa Honorarium Lainnya Rp 17.000.000 DDS
5.2.7.99. [02.01.01]                Belanja Barang untuk Diserahkan kepada Masyarakat Lainnya Rp 7.000.000 DDS
02.01.02 Dukungan Penyelenggaraan PAUD (APE, Sarana PAUD dst) Rp 3.600.000
5.2.2.04. [02.01.02]                Belanja Jasa Honorarium Tenaga Ahli/Profesi/Konsultan/Narasumber Rp 3.600.000 DDS
02.01.03 Penyuluhan dan Pelatihan Pendidikan Bagi Masyarakat Rp 2.710.000
5.2.1.06. [02.01.03]                Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum) Rp 2.500.000 DDS
5.2.1.08. [02.01.03]                Belanja Bendera/Umbul-umbul/Spanduk Rp 210.000 DDS
02.01.08 Pengelolaan Perpustakaan Milik Desa (Pengadaan Buku, Honor, Taman Baca) Rp 9.390.000
5.2.1.06. [02.01.08]                Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum) Rp 2.500.000 DDS
5.3.9.01. [02.01.08]                Belanja Khusus Pendidikan dan Perpustakaan Rp 6.890.000 DDS
02.01.10 Dukungan Pendidikan bagi Siswa Miskin/Berprestasi Rp 15.000.000
5.2.7.04. [02.01.10]                Belanja Beasiswa Berprestasi/Masyarakat Miskin Rp 15.000.000 DDS
02.02 Sub Bidang Kesehatan Rp 107.158.000
02.02.02 Penyelenggaraan Posyandu (Makanan Tambahan, Kelas Bumil, Lansia, Insentif) Rp 50.755.000
5.2.1.06. [02.02.02]                Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum) Rp 6.300.000 DDS
5.2.1.06. [02.02.02]                Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum) Rp 6.500.000 DDS
5.2.1.06. [02.02.02]                Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum) Rp 3.780.000 DDS
5.2.1.06. [02.02.02]                Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum) Rp 1.575.000 DDS
5.2.1.06. [02.02.02]                Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum) Rp 6.300.000 DDS
5.2.2.05. [02.02.02]                Belanja Jasa Honorarium Petugas Rp 21.000.000 DDS
5.2.2.05. [02.02.02]                Belanja Jasa Honorarium Petugas Rp 1.100.000 DDS
5.2.7.99. [02.02.02]                Belanja Barang untuk Diserahkan kepada Masyarakat Lainnya Rp 4.200.000 DDS
02.02.03 Penyuluhan dan Pelatihan Bidang Kesehatan (Untuk Masyarakat, Tenaga dan Kader Kesehatan dll) Rp 12.000.000
5.2.1.06. [02.02.03]                Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum) Rp 7.000.000 DDS
5.2.1.06. [02.02.03]                Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum) Rp 5.000.000 DDS
02.02.09 Pembangunan/Rehabilitasi/Peningkatan/Pengadaan Sarana/Prasarana Posyandu/Polindes/PKD ** Rp 20.000.000
5.3.4.02. [02.02.09]                Belanja Modal Gedung, Bangunan, Taman - Upah Tenaga Kerja Rp 3.500.000 DDS
5.3.4.03. [02.02.09]                Belanja Modal Gedung, Bangunan, Taman - Bahan Baku/Material Rp 15.250.000 DDS
5.3.4.05. [02.02.09]                Belanja Modal Gedung, Bangunan, Taman - Administrasi Kegiatan Rp 1.250.000 DDS
02.02.90 Fasilitasi Penyelenggaraan Keluarga Berencana Melalui Kampung KB (insentif Rp 1.800.000
5.2.1.01. [02.02.90]                Belanja Alat Tulis Kantor dan Benda Pos Rp 210.000 DDS
5.2.1.05. [02.02.90]                Belanja Barang Cetak dan Penggandaan Rp 150.000 DDS
5.2.2.05. [02.02.90]                Belanja Jasa Honorarium Petugas Rp 1.440.000 DDS
02.02.91 Penyelenggaraan POSBINDU Rp 2.500.000
5.2.1.06. [02.02.91]                Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum) Rp 2.500.000 DDS
02.02.92 Pencegahan dan Penurunan Stunting Rp 20.103.000
5.2.1.01. [02.02.92]                Belanja Alat Tulis Kantor dan Benda Pos Rp 358.000 DDS
5.2.1.06. [02.02.92]                Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum) Rp 7.875.000 DDS
5.2.1.06. [02.02.92]                Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum) Rp 2.250.000 DDS
5.2.1.06. [02.02.92]                Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum) Rp 5.000.000 DDS
5.2.1.08. [02.02.92]                Belanja Bendera/Umbul-umbul/Spanduk Rp 210.000 DDS
5.2.1.08. [02.02.92]                Belanja Bendera/Umbul-umbul/Spanduk Rp 210.000 DDS
5.2.2.04. [02.02.92]                Belanja Jasa Honorarium Tenaga Ahli/Profesi/Konsultan/Narasumber Rp 200.000 DDS
5.2.2.05. [02.02.92]                Belanja Jasa Honorarium Petugas Rp 2.000.000 DDS
5.2.3.03. [02.02.92]                Belanja Kursus Pelatihan Rp 2.000.000 DDS
02.03 Sub Bidang Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Rp 148.130.000
02.03.03 Pemeliharaan Jalan Usaha Tani Rp 148.130.000
5.3.5.02. [02.03.03]                Belanja Modal Jalan - Upah Tenaga Kerja Rp 19.000.000 DDS
5.3.5.03. [02.03.03]                Belanja Modal Jalan - Bahan Baku/Material Rp 122.130.000 DDS
5.3.5.04. [02.03.03]                Belanja Modal Jalan - Sewa Peralatan Rp 2.500.000 DDS
5.3.5.05. [02.03.03]                Belanja Modal Jalan - Administrasi Kegiatan Rp 4.500.000 DDS
02.04 Sub Bidang Kawasan Pemukiman Rp 338.999.319
02.04.01 Dukungan Pelaksanaan Program Pembangunan/Rehab Rumah Tidak Layak Huni GAKIN Rp 84.000.000
5.2.7.99. [02.04.01]                Belanja Barang untuk Diserahkan kepada Masyarakat Lainnya Rp 84.000.000 DDS
02.04.13 Pembangunan/Rehabilitasi/Peningkatan Sanitasi Permukiman **) Rp 120.000.000
5.3.5.01. [02.04.13]                Belanja Modal Jalan - Honor Tim Pelaksana Kegiatan Rp 750.000 DDS
5.3.5.02. [02.04.13]                Belanja Modal Jalan - Upah Tenaga Kerja Rp 19.000.000 DDS
5.3.5.03. [02.04.13]                Belanja Modal Jalan - Bahan Baku/Material Rp 90.250.000 DDS
5.3.5.04. [02.04.13]                Belanja Modal Jalan - Sewa Peralatan Rp 5.000.000 DDS
5.3.5.05. [02.04.13]                Belanja Modal Jalan - Administrasi Kegiatan Rp 5.000.000 DDS
02.04.14 Pembangunan/Rehabilitasi/Peningkatan Fasilitas Jamban Umum/MCK umum, dll **) Rp 30.000.000
5.2.7.99. [02.04.14]                Belanja Barang untuk Diserahkan kepada Masyarakat Lainnya Rp 30.000.000 DDS
02.04.15 Pembangunan/Rehabilitasi/Peningkatan Fasilitas Pengelolaan Sampah **) Rp 104.999.319
5.2.3.03. [02.04.15]                Belanja Kursus Pelatihan Rp 5.000.000 DDS
5.3.4.01. [02.04.15]                Belanja Modal Gedung, Bangunan, Taman - Honor Pelaksana Kegiatan Rp 750.000 DDS
5.3.4.02. [02.04.15]                Belanja Modal Gedung, Bangunan, Taman - Upah Tenaga Kerja Rp 15.400.000 DDS
5.3.4.03. [02.04.15]                Belanja Modal Gedung, Bangunan, Taman - Bahan Baku/Material Rp 78.099.319 DDS
5.3.4.04. [02.04.15]                Belanja Modal Gedung, Bangunan, Taman - Sewa Peralatan Rp 1.250.000 DDS
5.3.4.05. [02.04.15]                Belanja Modal Gedung, Bangunan, Taman - Administrasi Kegiatan Rp 4.500.000 DDS
02.06 Sub Bidang Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Rp 5.000.000
02.06.03 Pengelolaan dan Pembuatan Jaringan/Instalasi Komunikasi dan Informasi Lokal Desa Rp 5.000.000
5.2.1.99. [02.06.03]                Belanja Barang Perlengkapan Lainnya Rp 5.000.000 DDS
03 BIDANG PEMBINAAN KEMASYARAKATAN Rp 60.787.100
03.01 Sub Bidang Ketenteraman, Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat Rp 10.850.000
03.01.01 Pengadaan/Penyelenggaraan Pos Keamanan Desa Rp 10.850.000
5.2.2.05. [03.01.01]                Belanja Jasa Honorarium Petugas Rp 10.850.000 PBH
03.02 Sub Bidang Kebudayaan dan Keagamaan Rp 7.500.000
03.02.03 Penyelenggaraan Festival Kesenian, Adat/Kebudayaan, dan Keagamaan (HUT RI, Raya Keagamaan dll) Rp 7.500.000
5.2.1.06. [03.02.03]                Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum) Rp 1.750.000 ADD
5.2.1.99. [03.02.03]                Belanja Barang Perlengkapan Lainnya Rp 250.000 ADD
5.2.7.99. [03.02.03]                Belanja Barang untuk Diserahkan kepada Masyarakat Lainnya Rp 5.500.000 PBH
03.03 Sub Bidang Kepemudaan dan Olahraga Rp 15.000.000
03.03.01 Pengiriman Kontingen Kepemudaan & Olahraga Sebagai Wakil Desa tkt Kec/Kab/Kota Rp 10.000.000
5.2.7.99. [03.03.01]                Belanja Barang untuk Diserahkan kepada Masyarakat Lainnya Rp 10.000.000 DDS
03.03.06 Pembinaan Karang Taruna/Klub Kepemudaan/Olahraga Tingkat Desa Rp 5.000.000
5.2.1.06. [03.03.06]                Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum) Rp 5.000.000 DDS
03.04 Sub Bidang Kelembagaan Masyarakat Rp 27.437.100
03.04.02 Pembinaan LKMD/LPM/LPMD Rp 6.000.000
5.2.2.99. [03.04.02]                Belanja Jasa Honorarium Lainnya Rp 6.000.000 PBH
03.04.03 Pembinaan PKK Rp 21.437.100
5.2.1.01. [03.04.03]                Belanja Alat Tulis Kantor dan Benda Pos Rp 1.187.100 PBH
5.2.1.06. [03.04.03]                Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum) Rp 5.250.000 PBH
5.2.2.99. [03.04.03]                Belanja Jasa Honorarium Lainnya Rp 14.000.000 PBH
5.2.7.99. [03.04.03]                Belanja Barang untuk Diserahkan kepada Masyarakat Lainnya Rp 1.000.000 PBH
04 BIDANG PEMBERDAYAAN MASYARAKAT Rp 18.500.000
04.02 Sub Bidang Pertanian dan Peternakan Rp 10.000.000
04.02.03 Penguatan Ketahanan Pangan Tingkat Desa (Lumbung Desa dll) Rp 10.000.000
5.2.7.05. [04.02.03]                Belanja Bantuan Bibit Tanaman/Hewan/Ikan Rp 10.000.000 DDS
04.05 Sub Bidang Koperasi, Usaha Micro Kecil dan Menengah (UMKM) Rp 2.500.000
04.05.01 Pelatihan Manajemen Koperasi/KUD/UMKM Rp 2.500.000
5.2.1.06. [04.05.01]                Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum) Rp 2.500.000 DDS
04.06 Sub Bidang Dukungan Penanaman Modal Rp 6.000.000
04.06.02 Pelatihan Pengelolaan BUM Desa (Pelatihan yg dilaksanakan oleh Pemdes) Rp 6.000.000
5.2.3.03. [04.06.02]                Belanja Kursus Pelatihan Rp 6.000.000 DDS
05 BIDANG PENANGGULANGAN BENCANA, DARURAT DAN MENDESAK DESA Rp 5.200.000
05.01 Sub Bidang Penanggulangan Bencana Rp 1.000.000
05.01.00 Kegiatan Penanggulangan Bencana Rp 1.000.000
5.4.1.01. [05.01.00]                Belanja Tidak Terduga Rp 1.000.000 DDS
05.03 Sub Bidang Keadaan Mendesak Rp 4.200.000
05.03.00 Penanganan Keadaan Mendesak Rp 4.200.000
5.4.1.01. [05.03.00]                Belanja Tidak Terduga Rp 4.200.000 DDS
JUMLAH BELANJA Rp 1.324.549.127
SURPLUS/(DEFISIT) Rp -22.992.127
6 PEMBIAYAAN
6.1 PENERIMAAN PEMBIAYAAN
6.1.1.01.                SILPA Tahun Sebelumnya Rp 9.128.718 ADD
6.1.1.01.                SILPA Tahun Sebelumnya Rp 16.041.369 DDS
6.1.1.01.                SILPA Tahun Sebelumnya Rp 2.305.540 DLL
6.1.1.01.                SILPA Tahun Sebelumnya Rp 516.500 PBH
6.2 PENGELUARAN PEMBIAYAAN
6.2.2.01.                Penyertaan Modal Desa Rp 5.000.000 DDS
JUMLAH PENERIMAAN PEMBIAYAAN Rp 27.992.127
JUMLAH PENGELUARAN PEMBIAYAAN Rp 5.000.000
JUMLAH PEMBIAYAAN NETTO Rp 22.992.127
SISA LEBIH PEMBIAYAAN ANGGARAN Rp 0

© 2025 Open Data Keuangan Desa Kabupaten Wonosobo